Responsive Ads Here

Jumat, Januari 22, 2021

KPUD Simalungun Tetapkan Radiapoh-Zonny Pemenang Pilkada Simalungun 2020

KPUD Simalungun menetapkan Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Zonny Waldi sebagai pasangan calon (Paslon) terpilih Bupati dan Wakil Bupati Simalungun dalam pemilihan serentak tahun 2020. Penetapan Paslon terpilih tersebut diumumkan pada rapat pleno terbuka dipimpin Ketua KPUD Simalungun Raja Ahab Damanik di Convention Hall Hotel Sing A Song, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Rabu (20/1) sekira pukul 22.00 WIB.


Pada Desember silam, KPU Kab. Simalungun telah rampung melaksanakan rekapitulasi suara berjenjang dan telah menuangkan perolehan hasil suara tersebut dalam Keputusan Nomor 175/PL.02.6-KPT/1208/KPU-Kab/XII/2020. Adapun hasil rekapitulasi suara  tersebut adalah sbb:

  • Pasangan Nomor Urut 1 Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zonny Waldi (RHS-ZW) keluar sebagai peraih suara tertinggi dengan 194.163 suara.
  • Pasangan calon nomor urut 4 Anton Achmad Saragih-Rospita Sitorus (Harus) di posisi kedua dengan perolehan 127.608 suara.
  • Pasangan Nomor Urut 2 Muhajidin Nur Hasim-Tumpak Siregar (Hasim-TPS) di posisi ketiga dengan 98.937 suara.
  • Posisi keempat yaitu pasangan Nomor Urut 3 (jalur perorangan) Wagner Damanik-Abidinsyah Damanik (WD-Bisa) dengan perolehan suara 32.926.

Setelah keluar Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK), yang menyatakan tidak ada gugatan sengketa Pilkada Simalungun 2020, hasil ini akhirnya ditetapkan melalui rapat pleno KPU Simalungun, dipimpin Ketua KPU, Raja Ahab Damanik, bersama empat komisioner lainnya diantaranya Puji Rahmad Harahap, Fatimah Yanti Sinaga, Rahmadani Sari Isni Damanik dan Salman Abror, yang digelar di hotel Sing A Song, Kecamatan Siantar, Rabu (20/1) malam.

Rapat pleno ini juga dihadiri oleh Bupati JR Saragih diwakili Asisten I Albert Saragih, Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Kapolres diwakili Kabag Ops Komisaris Polisi Suryanto, Komisioner Bawaslu Bobbi Dewantara Purba, dan parpol pengusung.


Ketua KPU Simalungun, Raja Ahab Damanik menjelaskan, penetapan pasangan RHS-ZW sebagai Bupati dan Wakil Bupati Simalungun terpilih berdasarkan Surat Komisi Pemilihan Umum Nomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 Tanggal 20 Januari 2021 perihal penetapan calon terpilih pemilihan serentak tahun 2020.

Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani mengatakan, DPRD Simalungun dalam waktu dekat akan menggelar rapat paripurna istimewa untuk mengumumkan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun terpilih Pilkada 2020. Dokumen hasil rapat paripurna itu nantinya akan disampaikan ke Bupati Simalungun untuk diteruskan ke Gubernur Sumatera Utara dan selanjutnya ke Menteri Dalam Negeri agar dikeluarkan Surat Keputusan pelantikan.

#Pilkada2020 #Simalungun #Radiapoh #BupatiSimalungun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar