Responsive Ads Here

Kamis, Januari 07, 2021

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa - Bali

Menyikapi makin maraknya covid-19 di awal tahun 2021 ini, pemerintah memberlakukan pembatasan di wilayah Jawa - Bali mulai tanggal 11 s/d 25 Januari 2021. Pembatasan dengan nama "Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)" ini tertuang dalam Instruksi Menteri Nomor 1 Tahun 2021 oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada seluruh kepala daerah di Jawa dan Bali.


Pemerintah masih lebih memilih Kebijakan PPKM ini daripada menerapkan PSBB semata-mata agar perekonomian tidak lumpuh. Tujuan PPKM sama dengan PSBB yaitu untuk meminimalisir/memutus rantai penyebaran virus covid-19, hanya saja bidang atau kalangan yang dibatasi tidak sebesar PSBB. Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, PPKM diterapkan karena pemerintah melihat disiplin masyarakat dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 perlu ditingkatkan.


Doni juga mengharapkan semua komponen di pemerintah pusat dan pemerintah daerah bisa bekerja sama dalam pelaksanaan PPKM. Menurutnya, Indonesia bisa jadi bangsa pemenang bila bersatu memutus rantai penyebaran Covid-19. "Kami juga berharap mari kita selalu bersatu semua dibawah komando kepala negara untuk bisa menghadapi Covid-19 ini. Kita dituntut membuktikan kesetiaan kita pada negara, kita sebagai WNI punya hak kewajiban membela negara, ini momentum terbaik kita," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar